12 Fakta Penting Virus Corona ( Covid-19 ) yang Perlu Kamu Ketahui



1. Corona Virus Disease (COVID-19) Disebabkan oleh Virus Bukan Bakteri



corona virus disease disebabkan oleh virus bukan bakteri


Virus yang menyebabkan Covid-19 adalah family dari virus yang disebut Coronaviridae, menggunakan antibiotik tidak akan memberikan efek dalam melawan virus ini.
Seseorang yang mengalami infeksi Covid-19 dapat juga mengalami infeksi bakteri sebagai komplikasi. Dalam kasus seperti ini, antibiotik dapat direkomendasikan oleh pemberi layanan kesehatan.
Pada saat ini belum ada obat yang dapat mengobati orang yang terinfeksi Covid-19. Jika Anda mengalami gejala yang berkaitan dengan Covid-19, hubungi unit pelayanan kesehatan terdekat atau tim gugus Covid-19 di sekitar tempat tinggal Anda.


2. Orang yang Terinfeksi COVID-19 Dapat Sembuh



orang terinfeksi covid-19 dapat sembuh

Seseorang yang terinfeksi Covid-19 dengan keluhan ringan sampai dengan sedang dapat pulih dengan pengobatan suportif. Jika Anda mengalami batuk, demam dan sulit untuk bernapas segera berobat ke layanan kesehatan terdekat.


3. Minum Minuman Beralkohol Tidak Melindungi Seseorang Melawan COVID-19 



minum alkohol tidak membantu melawan corona
Penyalahgunaan alkohol justru berbahaya dan meningkatkan risiko masalah kesehatan. 


4. Menggunakan Masker Kain Dalam Waktu Lama Tidak Menyebabkan Keracunan Karbondioksida atau Kekurangan Oksigen



menggunakan masker tidak menyebabkan keracunan karbondioksida atau kekurangan oksigen

Menggunakan masker dalam waktu lama dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Tetapi tidak menyebabkan keracunan karbondioksida dan atau kekurangan oksigen. Saat menggunakan masker pastikan tidak longgar atau tidak terlalu ketat agar dapat bernapas dengan baik. jangan menggunakan masker berulang kali, segera ganti jika masker sudah kotor atau basah.


5. Sepatu Tidak Menyebarkan COVID-19




Kemungkinan penyebaran covid-19 melalui sepatu sangat rendah. Sebagai tindakan pencegahan, di rumah dimana ada bayi dan anak kecil yang sering bermain atau merangkak di lantai, sebaiknya tempatkan sepatu di luar rumah agar mencegah kontak dengan kotoran atau kuman yang terdapat di sendal atau sepatu.


6. Alat Pengukur Suhu Tidak Bisa Mendeteksi COVID-19




Alat pengukur suhu badan efektif digunakan untuk mendeteksi orang yang sedang demam atau dengan suhu badan yang lebih tinggi dari suhu tubuh normal. Alat ini tidak dapat mendeteksi orang yang terinfeksi covid-19. Ada banyak penyebab seseorang mengalami demam. Segera hubungi unit layanan kesehatan jika membutuhkan bantuan atau segera kunjungi layanan kesehatan terdekat jika Anda mengalami demam dan tinggal di daerah endemis malaria atau dengue.


7. Menambahkan Cabe Dalam Sup atau Makanan Tidak Mencegah atau Mengobati COVID-19



Menambahkan cabe dalam sup atau makanan tidak dapat mencegah atau mengobati covid-19


Cabe yang banyak dalam makanan Anda tidak dapat mencegah atau mengobati Covid-19. Cara terbaik melindungi diri Anda dari virus corona adalah dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan mencuci tangan secara rutin sesuai langkah mencuci tangan yang benar. Selain itu menjaga kesehatan dengan diet seimbang, minum air putih yang cukup, olahraga teratur dan istirahat cukup.



8. COVID-19 Tidak Ditularkan Melalui Lalat atau Nyamuk





Hingga saat ini tidak ada bukti atau informasi yang menyatakan bahwa covid-19 ditularkan melalui lalat atau nyamuk. Virus yang menyebabkan Covid-19 menyebar melalui droplet yang dihasilkan saat seorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Anda juga dapat terinfeksi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan. 
Untuk melindungi diri Anda, jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan lakukan desinfeksi permukaan yang sering disentuh secara rutin. Cuci tangan dengan benar secara rutin dan hindari menyentuh mata, mulut atau hidung.



9. Jaringan 5G Tidak Menyebarkan COVID-19



Virus tidak dapat berpindah tempat melalui gelombang radio atau jaringan telepon. Covid-19 menyebar di banyak negara yang tidak memiliki jaringan 5G. 
Covid-19 menyebar melalui droplet dari saluran napas saat seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Seseorang juga dapat terinfeksi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, mulut, atau hidung tanpa mencuci tangan sebelumnya.


10. Berjemur Dibawah Matahari atau Temperatur Lebih Dari 25 Derajat Celcius Tidak Mencegah COVID-19





Walaupun matahari terik atau berada di cuaca yang panas Anda dapat terinfeksi covid-19. Negara-negara dengan iklim panas telah melaporkan kasus covid-19. Untuk melindungi diri, pastikan mencuci tangan secara teratur sesuai langkah mencuci tangan yang benar, hindari menyentuh mata, mulut atau hidung Anda.



11. Belum Ada Obat Untuk Mencegah atau Mengobati COVID-19




Saat ini beberapa obat masih dalam tahap uji coba, tidak ada bukti bahwa hydroxycholoquine atau obat lainnya dapat mencegah atau mengobati Covid-19. penggunaan hydroxycholoroquine yang kurang tepat dapat menyebabkan efek samping serius dan kesakitan dan bahkan menyebabkan kematian. WHO terus berkoordinasi untuk mengengembangkan dan mengevaluasi obat-obatan yang digunakan untuk mengobati Covid-19.

12. Vaksin Pneumonia Tidak Dapat Melindungi Anda Melawan Infeksi COVID-19




Vaksin seperti vaksin pneumokokus dan vaksin Hemophilus influenza tipe B (Hib) tidak dapat melindungi dari infeksi virus corona baru ini. Covid-19 adalah jenis virus baru dan berbeda, membutuhkan vaksin yang spesifik untuk melawan Covid-19. Hingga saat ini belum ada vaksin untuk melawan Covid-19. 
Berbagai penelitian terus dikembangkan untuk membuat vaksin melawan 2019-nCoV dan WHO terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan. 
Walaupun vaksin ini tidak efektif melawan 2019-nCoV, vaksinasi melawan penyakit saluran pernapasan ini sangat direkomendasikan untuk melindungi kesehatan Anda.



Jika Anda membutuhkan informasi mengenai Covid-19 silahkan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan atau tim gugus Covid-19 di tempat Anda. Jika Anda memiliki gejala seperti demam, batuk, flu, sakit tenggorokan, atau sesak napas segera berobat ke pelayanan kesehatan terdekat. 



Cara terbaik melindungi diri dan keluarga Anda dari virus corona adalah dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan mencuci tangan secara rutin sesuai langkah mencuci tangan yang benar. Menjaga kesehatan dengan diet seimbang, minum air putih yang cukup, olahraga teratur dan istirahat cukup.


Semoga bermanfaat!!!



Referensi :


WHO : Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters

12 Fakta Penting Virus Corona ( Covid-19 ) yang Perlu Kamu Ketahui 12 Fakta Penting Virus Corona ( Covid-19 ) yang Perlu Kamu Ketahui Reviewed by Delfis Ditti on 1:09 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.